Kebutuhan INOVASI TEPAT GUNA GASIFIER PENGERING KOPI
Dibaca 1399 kali

Selama ini tanaman kopi setelah dipanen dilakukan pengeringan dengan cara dijemur oleh petani di pinggir halaman rumah dengan beralaskan potongan karung dan sebagian lagi dijemur di jalan desa (jalan aspal) dengan dilapisi karung goni, Pengeringan dengan cara dijemur ini sangat dipengaruhi oleh keterikan sinar matahari dan kondisi cuaca. Sebagian kecil petani kopi yang sudah cukup besar dan didaerahnya sudah ada listrik memanfaatkan oven pengering untuk mengeringkan biji kopi dengan menggunakan listrik sebagai penghantar panas, tetapi sebagian besar petani kopi hidup didaerah perbukitan dan listrik yang ada didaerah tersebut hanya mampu digunakan untuk penerangan, sehingga proses pengeringan masih tradisional. Berdasarkan pengeringan kopi yang sangat dipengaruhi oleh cuaca tersebut  dan besarnya daya listrik menggunakan oven maka pihak Balitbangnovda Prov. Sumsel mengajak tekMIRA Bandung bekerjasama dalam hal ini pembuatan oven pengering kopi dengan menggunakan gasifier batubara sebagai bahan bakar atau pemanas yang akan diantarkan oleh oven pengering untuk mengeringkan biji kopi.

Pengeringan kopi yang dilakukan di Kabupaten Lahat merupakan warisan turun temurun yaitu pengeringan yang dilakukan dengan penjemuran biji kopi di halaman rumah atau jalan. Pengeringan ini sangat tergantung terhadap kondisi cuaca dan besarnya daya listrik dari oven pengering. Hal inilah yang mendasari pembuatan oven pengering (Dryer Box)biji kopi dengan kapasitas 1500 kg untuk diperbantukan di Kecamatan Merapi Selatan, hasil kerjasama Balitbangnovda Prov. Sumsel dengan tekMIRA Bandung.

Peralatan oven pengering tersebut menggunakan panas (api) dari hasil gas yang dikeluarkan oleh gasifier. Hal ini tidak dilakukan pengujian karena langsung diujicoba di Kecamatan Merapi, Kabupaten Lahat pada tahun 2013 bersamaan dengan pemanfaatan gasifier batubara.

Keterangan lebih lanjut
Bidang Teknologi : Teknologi Tepat Guna
Lembaga Peneliti : Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Selatan
Peneliti : 1. Achmad Ubaidillah, 2. Sri Maryani, ST
Email : litbangda_sumsel@yahoo.com
Telpon : 0711-374456