Kebutuhan Efek Buah Makasar (Kualot) Brucea javanica Sebagai Anti-Kanker: Sebuah Tantangan Pengembangan Obat Bagi Industri Farmasi
Dibaca kali

Senyawa kuasinoid yang diperoleh   dari Biji Brucea javanica melalui sebuah riset, diujikan terhadap sel kanker, kemudian diamati mekanisme kerjanya dengan metode-metode yang terpilih untuk membuktikan  bahwa Brucea javanica memiliki efek sebagai antikanker.Pengujian dilakukan secara invitro kepada cell line HeLa, MCF7 dan T47D  sebagai model sel kanker payudara dan kanker rahim.           

Setelah senyawa isolat  brusein-A diperoleh, lalu diujikan kepada sel-sel kanker seperti tersebut di atas, lalu penulis melakukan  semi-sintesis dengan  pereaksi tertentu. Kemudian senyawa hasilnya di-elusidasi untuk mengetahui strukturnya  dengan menggunakan  spektrofotometri UV, FT-IR, H-NMR, C-NMR dan LC-MS.  Senyawa  hasil semi-sintesis kemudian diuji aktivitas antikanker nya  terhadap sel Raji, T47D, MCF-7, HeLa dan sel Vero.

Kajian mekanisme  molekuler selanjutnya difokuskan pada sel HeLa dengan senyawa yang  mempunyai harga IC50 yang nilainya kecil. Kajian ini meliputi mekanisme aksi molekuler  senyawa terhadap peristiwa  apoptosis (penurunan ekspresi Bcl-2 dan peningkatan ekspresi Kaspase-3). Kemudian aktivitas  antiinflamasinya terkait kanker dikaji melalui penurunan ekspresi COX-2 dan aktifitas  antiproliferasi senyawanya dikaji melalui  peningkatan   ekspresi  P53,  dan penurunan ekspresi c-Myc.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan  bahwa senyawa brusein-A dari tumbuhan B. javanica mempunyai aktivitas sebagai antikanker dengan mekanisme kerjanya  melalui pemacuan apoptosis, penghambatan proliferasi (jalur P53; Kaspase-3; Bcl-2 dan c-Myc)  serta berperan sebagai antiinflamasi terkait kanker melalui penurunan peran enzim siklooksigenase ( COX-2)  secara  invitro yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan Biji B. Javanica untuk  pengembangan obat terutama untuk mengatasi penyakit kanker payudara dan serviks.

Keterangan lebih lanjut
Bidang Teknologi : Kesehatan dan Farmasi
Lembaga Peneliti : Poltekes Kemenkes Palembang
Peneliti : Dr.Sonlimar Mangunsong;Prof.dr. Iwan Dwiprahasto, PhD; Prof.Dr. Mustofa; Prof. Jumina, PhD
Email : sonlimarm@gmail.com
Telpon : 0711373104